by

Wajib Tahu, 11 Tips Lolos Interview Kerja, Jangan Abaikan Nomer 9

-Tips Kerja-89 views

Lampungweb.com. Apakah kamu pernah atau sedang menghadapi interview namun sering kali kamu gagal? Bagi sebagian orang, interview kerja bisa menjadi momok yang menakutkan terutama untuk seorang fresh graduate, yang baru saja memulai pengalaman menjadi job seeker.

Takut dan cemas tentu menjadi kendala ketika melakukan interview kerja, bagaimana solusinya? Sebelum memenuhi undangan interview, Kamu memang harus menyiapkan diri sebaik-baiknya.

Simak 11 Tips Lolos Interview Kerja

1. Cari Tahu tentang Profil dari Perusahaan yang Dilamar

Tips pertama yang harus kamu perhatikan dan lakukan adalah mencari tahu profil lengkap dari perusahaan yang mengundang kamu untuk interview kerja.

Cari tahu tentang visi, misi, produk, kompetitor, dan lain sebagainya, hal ini perlu dilakukan agar dapat membantu Kamu ketika ada pertanyaan dari interviewer nantinya terkait dengan pengetahuan mu tentang perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Menjawab Negosiasi Gaji di Perusahaan

2. Bersikap Komunikatif untuk Memberi Kesan Baik

Jangan pernah kamu hanya menjawab dengan jawaban-jawaban pendek, seperti “Ya” dan “Tidak” tanpa memberikan penjelasan apapun.

Sampaikan jawaban jujur dengan kalimat yang baik dan mampu menjelaskan diri Kamu, juga jawaban  terkat pertanyaannya.

Komunikatif dalam menjawab pertanyaan dapat memberi kesan personal yang baik dan akan menambah nilai plus tentunya.

3. Jangan Menjawab Pertanyaan dengan Jawaban yang Bertele-Tele

Setelah kamu memahami tips yang ke-2, maka kamu harus memahami tips lolos interview ke-3 yakni hindari menjawab pertanyaan dengan jawaban yang bertele-tele.

Sampaikan jawaban Anda dengan bahasa yang ringkas dan mudah dimengerti oleh rekruter. Caranya, pahami terlebih dahulu pertanyaan yang diajukan, kemudian siapkan beberapa ringkasan jawaban yang lugas dan mengena. Kamu akan dinilai sebagai calon karyawan yang tenang dan bijaksana.

Baca juga: Tips Lolos Wawancara Kerja Meski IPK Kecil

4. Hindari Jeda yang Lama Ketika Menjawab Pertanyaan

Diam dan tanpa jawaban itu sangat menjengkelkan untuk HRD atau User yang sedang menginterview kamu, Jeda yang lama bisa membuat fokus pada jawaban bisa hilang. Beri jeda secukupnya, dan maksimalkan waktu interview dengan optimal.

5. Bersikap Ramah dan Percaya Diri

Saat menjelaskan tentang diri dan kemampuan yang Kamu miliki sebaiknya penuh dengan kejujuran dan percaya diri, karena hal tersebut akan menambah nilai plus.

Interviewer akan melihat kesiapan dan antusiasmu ketika melamar posisi di lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Tapi ingat, hindari sikap angkuh dan over percaya diri, ya. Tetap pertahankan sikap ramah selama waktu interview.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Melamar Pekerjaan Supaya Cepat Diterima dengan Mudah

6. Persiapkan Pengetahuan tentang Posisi yang Dilamar

Sama seperti pengetahun tentang perusahaan yang dilamar, penting bagi Kamu untuk memahami jobdesk dari posisi tersebut.

Sehingga interviewer akan menilai Kamu sebagai kandidat yang pantas untuk mengisi posisi tersebut.

7. Ceritakan Pengalaman yang Sesuai dengan Posisi yang Dilamar

Beberapa posisi pekerjaan butuh orang yang sudah memiliki pengalaman yang sesuai dengan lowongan kerja yang di tawarkan, Jika Kamu memiliki pengalaman yang sesuai, ceritakan pengalaman tersebut sebagai nilai tambah.

Baca Juga : Tips Melamar Kerja Via Email yang Tepat Agar di Baca HRD

8. Tidak Perlu Menceritakan Aib Perusahaan Lama

ketika ditanya oleh interviewer tentang pengalaman kerja sebelumnya kamu bisa menjawabnya namun, tidak perlu menceritakan tentang aib perusahaan tersebut. Jelaskan secara garis besarnya saja.

9. Jangan Malu Bertanya

Hal ini seringkali disepelekan oleh pencari kerja, ketika interviewer meminta Kamu untuk bertanya, maka gunakan kesempatan itu untuk bertanya terkait dengan lowongan pekerjaan.

Hal ini akan memberi kesan bahwa Kamu antusias selama interview berlangsung. Jadi manfaatkan momen ini, untuk menambah penilaian. Namun gunakan etika juga saat bertanya.. dan bisa kamu baca pada Tips ke 11.

Baca Juga : Cara Tepat Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar, Efektif dan PowerFull

10. Jaga Sikap dan Intonasi Bicara Selama Interview Berlangsung

Kamu perlu menjawab semua pertanyaan interviewer dengan diplomatis dan tidak muluk-muluk selama proses wawancara.

Sikap yang baik dan intonasi bicara yang sesuai, juga bisa untuk melengkapinya. Tentunya, ini akan menjadi penilaian oleh para interveiwer.

11. Hindari Mendominasi Sesi Wawancara

Kesalahan yang sering dilakukan oleh calon karyawan adalah secara tidak sadar mendominasi sesi wawancara. Biasanya Kamu akan diberi kesempatan bertanya, namun ajukan pertanyaan sewajarnya saja. Jangan sampai mengambil alih posisi interviewer.

Semoga 11 tips di atas dapat membantu Kamu lolos dari interview kerja. Yang terpenting, jangan mudah menyerah dan perbaiki setiap detail kesalahan yang dilakukan terdahulu, setiap kali melakukan wawancara di tempat baru.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *