by

Inilah Penyebab Karyawan Belum Terima BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, Pastikan Nama Anda di Link Ini

-Tips Kerja-768 views

Lampungweb.com. Inilah Penyebab Karyawan Belum Terima BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, Pastikan Nama Anda di Link Ini. Apakah kamu karyawan tapi belum mendapatkan transferan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5 atau Bantuan Subsidi Upah / Bantuan Subsidi Gaji ?

Sebaiknya Kamu langsung Cek namamu di link berikut ini untuk memastikan bahwa Kamu berhak mendapatkan dana bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, karena Pemerintah melalui Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua.

Total dari keseluruhan penyaluran dananya, telah diberikan kepada 10,4 juta pekerja yang menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2.

Kemnaker telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) termin kedua kepada 10,48 juta penerima atau 84,5 persen dari keseluruhan penerima yang mencapai 12,4 juta orang.

Rincian Data Jumlah Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan / Bantuan Subsidi Upah/ Bantuan Subsidi Gaji 

Pencairan dana BLT Subsidi Gaji termin 2 akan dibagi berdasarkan 5 batch atau 5 tahap pencairan.  Berikut ini data rincian penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2, berdasarkan data Kemnaker per tanggal 20 November 2020 :

Tahap 1 disalurkan kepada 2.180.382 pekerja
Tahap 2 disalurkan kepada 2.713.434 pekerja
Tahap 3 disalurkan kepada 3.149.031 pekerja
Tahap 4 disalurkan kepada 2.442.289 pekerja

BLT Subsidi Gaji termin 2 tahap 5 telah mulai disalurkan pada Selasa, 24 November 2020. dan tercatat bahwa Kemnaker telah mencairkan BLT BPJS tahap 5 kepada 1,9 juta karyawan di Indonesia. Pencairan ini diumumkan melalui akun twitter resmi Kemnaker @KemnakerRI.

“Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah termin 2 untuk tahap 5 sudah mulai disalurkan. Yuk Rekanaker, segera cek rekeningmu,” tulis Kemnaker.

Namun sangat disayangkan ternyata masih banyak karyawan yang belum menerima bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 5.

Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) / BLT BPJS Ketenagakerjaan

Nah, bagi kamu yang ingin memastikan apakah kamu termasuk dalam penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 5, sebaiknya kamu segera mengecek menggunakan beberapa cara dibawah ini:

  • https://bsu.kemnaker.go.id
  • https://kemnaker.go.id
  • Login melalui BPJSTK Mobile
  • Login melalui website: sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Melalui SMS. Anda bisa mengetik di layar HP Anda “DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor peserta#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757. Untuk tanggal lahir, gunakan format dd-mm-yy.
  • Melalui WhatsApp. Anda bisa mengeceknya lewat nomor 08119115910 atau 08551500910.

Jika nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT Subsidi Upah atau BLT Subsidi Gaji, namun dana BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 5 belum juga cair, sebaiknya Anda bersabar karena pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 5 dilakukan secara bertahap seperti gelombang-gelombang sebelumnya.

Penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan Tidak Cair

Namun jika masih tidak cair juga, sebaiknya kamu bisa cek penyebab dana BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 5 tidak cair:

1. Rekening tidak sesuai NIK
2. Rekening yang sudah tidak aktif
3. Rekening pasif
4. Rekening yang tidak valid
5. Rekening telah dibekukan oleh Bank
6. Rekening Kliring
7. Rekening Sudah tutup

Oleh sebab itu, Menaker meminta kepada calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan gelombang 2 tahap 5 harus mengetahui dan mengecek rekening yang didaftarkan.

Ida juga mengimbau untuk penerima bantuan BLT Ketenagakerjaan atau subsidi upah atau bantuan subsidi gaji yang rekeningnya bermasalah bisa dikomunikasikan dengan perusahaan tempat karyawan bekerja karena Kemnaker mendapatkan data yang dilaporkan perusahaan.

Cara Membuat Aduan BLT Ketenagakerjaan (Bantuan Subsidi Upah/BSU)

Bila menemukan kendala Anda dapat segera membuat aduan ke https://bantuan.kemnaker.go.id, berikut tahapannya:

  • Klik link https://bantuan.kemnaker.go.id
  • Setelah itu, klik ‘Daftar Sekarang’
  • Masukkan NIK KTP dan Nama Ibu kandung
  • Masukkan email yang akan didaftarkan, nomor handphone aktif, dan password
  • Apabila telah selesai klik ‘daftar sekarang’
  • Setelah selesai, Kemnaker akan mengirimkan kode OTP yang akan dikirimkan via SMS ke nomor hp yang didaftarkan
  • Lakukan aktivasi akun setelah mendapatkan kode OTP dengan cara kembali ke laman Kemnaker.go.id dan klik tombol “Masuk atau Login”
  • Isi formulir dalam website yang terbagi dalam 7 tahapan
  • Pastikan semua kolom diisi dengan data yang lengkap dan benar mulai dari foto profil, status pernikahan, jenjang pendidikan, pekerjaan, dan data lainnya
  • Setelah semuanya terisi, akan muncul status pemberitahuan di dashboard apakah masuk dalam daftar penerima bantuan subsidi upah yang diusulkan dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker
  • Dalam dashboard tersebut, terdapat tombol “kirim aduan”, tombol tersebut untuk yang sudah terdaftar di sistem Kemnaker, namun belum menerima subsidi gaji.

Demikian Penyebab Karyawan Belum Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 5, jadi Kamu bisa mengecek apakah namamu terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan atau tidak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *